Home » » Berdoa Kepada Rosulullaah Itu Sama Dengan Menyekutukan Allah Dengan RosulNya

Berdoa Kepada Rosulullaah Itu Sama Dengan Menyekutukan Allah Dengan RosulNya

Written By Anonim on Jumat, 10 Mei 2013 | 06.23

Berdoa adalah lambang rasa rendah diri dan ketidakberdayaan manusia di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang dapat menumbuhkan perasaan ubudiyah (penghambaan) kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

“Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak ada sesuatu yang paling mulia di sisi Allah dibandingkan doa.” (HR. At Tirmidzi)

Dari an-Nu’man bin Basyir radhiyallahu’anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Doa adalah intisari ibadah.” Kemudian beliau membaca ayat (yang artinya), “Rabbmu berfirman: Berdoalah kalian kepada-Ku niscaya Aku kabulkan permintaan kalian. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku pasti akan masuk ke dalam Jahannam dalam keadaan hina.” (QS. Ghafir: 60) (HR. Tirmidzi dinyatakan sahih oleh Syaikh al-Albani)

Dalam hadits yang lain, dari Ibnu Abbas radhiyallahu’anhuma, beliau berkata, “Seutama-utama ibadah adalah doa.” Lalu beliau membaca ayat (yang artinya), “Rabbmu berfirman: Berdoalah kalian kepada-Ku niscaya Aku kabulkan permintaan kalian. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku pasti akan masuk ke dalam Jahannam dalam keadaan hina.” (QS. Ghafir: 60) (HR. al-Hakim dalam al-Mustadrak)

Doa adalah ibadah. Ibadah hanyalah kepada Allah. Berdoa hanyalah kepada Allah. Namun sebagian kaum muslimin masih saja berdoa kepada malaikat, kepada Rosulullaah, kepada orang yang sudah wafat. Kita dilarang menyembah selain Allah. Artinya kita juga dilarang berdoa kepada selain Allah.

Banyak kaum muslimin yang keliru dalam berdoa memohon syafa'at Rosulullaah justru berdoa kepada Rosulullaah Shalallahi'alaihiwasalam. Jangan lah berdoa "Ya Rosululaah, berikanlah syafa'at kepada kami" dan yang semisal dengan itu, tetapi berdoalah "Ya Rabb, jangan Engkau tutup syafa'at RosulMu kepada kami" dan yang semisal dengan itu.

sumber : status nasehat

0 komentar:

Posting Komentar

google.com, pub-1466922538604350, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Template information